Kajian Literatur: Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Abad 21 Pada Mata Kuliah Gambar Perencanaan Jurusan Teknik Sipil

Authors

  • Hendri Novianto Institut Teknologi Padang
  • Nadia Nadawina Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.62590/regy.v1i1.4

Keywords:

pembelajaran berbasis teknologi, abad 21, gambar perencanaan, teknik sipil

Abstract

Mata kuliah gambar perencanaan adalah sebuah matakuliah pada jurusan teknik sipil yang termasuk kompetensi dasar bagi mahasiswa-mahasiswa yang mengambil jurusan teknik sipil ini. Dimana bagian penting nya adalah pemahaman serta kemampuan mahasiswa untuk mengimplementasikan bagaimana perencanaan dari sebuah bangunan itu baik dari segi ukuran, skala serta komponen dari bangunan dapat digambarkan dengan pemanfaatan software yaitu AutoCAD. Seiring perkembangan zaman terutama pada abad 21 ini, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau IPTEK menjadi hal yang tak terpisahkan terhadap pembelajaran di jenjang perguruan tinggi, dikarenakan keefektifan dari IPTEK sudah teruji dari penelitian-penelitian sebelumnya bahwasanya IPTEK terutama pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini efektif dalam pembelajaran dikarenakan kemudahan dalam akses informasi terutama pada zaman modern yang mana dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat ini. Terkhusus pada matakuliah gambar perencanaan, pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini dapat dilaksanakan dengan pemanfaatan elearning sebagai media akses pembelajaran dan kemudian sebuah e-modul sebagai bahan ajar mobile yang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa.

References

Anggia Roza, Azwar Inra, Rijal Abdullah. Faktor Eksternal Penyebab Keterlambatan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT UNP dalam Menyelesaikan Skripsi.

Body, Revian. 2013. Menggambar Konstruksi Bangunan. Bahan Ajar Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang. Tidak diterbitkan.

Dewi, Nanda, R. Eka Murtinugraha, and Riyan Arthur. "Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata kuliah teori dan praktik plambing di program studi S1 PVKB UNJ." Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil 7.2 (2018): 95-104.

Fakhri, Fadhil, Revian Body, and Risma Apdeni. "Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Animasi Pada Mata Kuliah Gambar Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang." CIVED 5.4 (2019).

Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Riduwan & Sunarto, H. 2012. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arief S., dkk. 2012. Media Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.

Smaldino, Sharon E., dkk. 2011. Instructional Technology & Media For Learning. Jakarta: Kencana.

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Surya, Anggara Sukhma Putra, and Fahmi Rizal. 2019. "Hubungan Kemampuan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) terhadap Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak (MDPL) Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (TDPIB) di SMK Negeri 1 Sumatera Barat." CIVED 6.1.

Pohan, Rizky Febriani, and Muhammad Rahman Rambe. 2022. "Pelatihan E-Learning Bagi Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan." FORDICATE 1(2), 219-226.

Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-09-08

How to Cite

Novianto, H., & Nadawina, N. (2022). Kajian Literatur: Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Abad 21 Pada Mata Kuliah Gambar Perencanaan Jurusan Teknik Sipil. Research in Education and Technology (REGY), 1(1), Page 22–26. https://doi.org/10.62590/regy.v1i1.4