Penerapan Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Design Grafis

Authors

  • Erwinsyah Simanungkalit Politeknik Negeri Medan
  • Jenny Sari Tarigan Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.62590/regy.v1i1.9

Keywords:

project based learning, design grafis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam mata kuliah design grafis. Penelitian ini dilaksanakan di Politeknik Negeri Medah. Masalah penelitian ini adalah bagaimana mengahasilkan siswa/siswi yang kompeten dalam bidang design grafis dengan menggunakan model pembelajaran PjBL. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Bentuk penelitiannya adalah eksperimen semu (quasi experimental) yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja yang dinamakan kelompok eksperimen tanpa ada kelompok pembanding atau kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah semua siswa semester 3 Program Studi administrasi Bisnis, sedangkan yang menjadi sampel penelitian ini adalah satu kelas dari keseluruhan populasi yang dipilih secara purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembelajaran design grafis nilai skor skor pre-test 9,83 dan post-test 12,63 dari data tersebut dilakukan perhitungan N-Gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang, artinya terdapat peningkatan kemampuan design grafis dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Hasil keterlaksanaan mencapai nilai 95,2 dengan kategori sangat baik.

References

Afriana, J. (2015). Project Based Learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Goodman, B., & Stivers, J. (2010). Project-Based Learning. Educational Psychology. ESPY 505

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : CV. Andi Offset

Maya, N. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 6(2): 149-160.

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Simanungkalit, E., & Tarigan, J. S. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Design Grafis. Research in Education and Technology (REGY), 1(1), Page 31–35. https://doi.org/10.62590/regy.v1i1.9