Pembelajaran Sastra Populer Sebagai Peningkatan Literasi Digital Dengan Penggunaan Media Aplikasi Wattpad: Studi Kasus

Authors

  • Ifa Ananda Universitas Sebelas Maret
  • Ani Rakhmawati Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.62590/regy.v1i1.6

Keywords:

Wattpad, Pembelajaran Sastra Populer, Literasi Digital, Teknologi

Abstract

Internet dimanfaatkan dalam pembelajaran sastra sebagai salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat menumbuhkan rasa ingin belajar sastra yang tinggi dan memupuk rasa minat baca pada diri siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa manfaat dari adanya media pembelajaran berbasis teknologi digital di era revolusi dengan menggunakan aplikasi wattpad sebagai media pembelajaran sastra populer di kalangan siswa SMA guna meningkatkan minat literasi digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus fokus utama mengkaji pembelajaran sastra populer sebagai peningkatan literasi digital dengan penggunaan media aplikasi wattpad. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi sederhana dan studi pustaka (Library research). Peneliti juga menggunakan prosedur pengumpulan data yaitu: (1) pemilihan topik mengenai inovasi baru tentang pembelajaran sastra populer di kalangan siswa untuk mendukung peningkatan literasi baca tulis secara digital. (2) pembuatan suatu konsep inovasi baru ke dalam materi pembelajaran yang berbasis digital dengan penggunaan aplikasi wattpad. (3) perancangan strategi untuk pemanfaatan aplikasi wattpad ke dalam pembelajaran sastra populer sebagai peningkatan literasi digital. (4) Menyusun simpulan dari inovasi rancangan yang telah ditetapkan sebelumnya untuk dijadikan sebuah bahan ajar pada pembelajaran sastra populer dengan pemanfaatan aplikasi wattpad sebagai peningkatan literasi digital. Adanya aplikasi wattpad membantu tenaga pendidik dalam mengembangkan pembelajaran sastra yang populer. Siswa tidak perlu lagi terfokus pada tulisan di kertas atau menulis karyanya di kertas. Hal ini dibuktikan banyak penelitian yang meneliti tentang adanya pemanfaatan media wattpad sebagai peningkatan literasi digital. Selain itu, siswa juga tidak tertinggal dengan perkembangan era teknologi baru di masa sekarang.

References

Utami, W. D., Ifa, C. A., Nanda, Y. Z., Riyana, S., Chafit, U., (2022). Efektivitas Video Pembelajaran Canva untuk Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Cerpen di Sekolah Menengah Pertama. Lingua Franca: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 12-25.

Manik, Y. M., Pontas, J. S., Sarma, P. (2022). Hubungan Pemanfaatan Aplikasi Wattpad Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas HKBP Nommensen pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 04(1), 4557-4575.

Ulfaida, N. & Cahyo, H. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Wattpad Sebagai Penunjang Pembelajaran Menulis Cerpen di SMA Untuk Mendukung Gerakan Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Hybrid Ikip PGRI Bojonegoro.

Apriyani, T. (2020). Pembelajaran Sastra Populer Berbasis Wattpad Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Baca Tulis. Suar Betang, 15(01), 107-116.

Pinasti, I. I., Muhammad, R, Ani, R. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 (Studi Kasus Pembelajaran Teks Ulasan Cerpen Di Kelas Viii Smp Negeri 2 Ngawi). Basastra; Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 06(01), 155-167

Sarmila B., Sehe., Besse, H. (2022). Peningkatan Menulis Cerpen melalui Aplikasi Wattpad pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Luwu Timur. Deiktis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 02(03), 266-272.

Artajaya, G. S., (2022). Inovasi Media Wattpad dalam Pembelajaran Sastra Indonesia. Sandibasa: Inovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Ida, Z., Rahayu, P. (2021). Strategi Menyusun Bahan Ajar Inovatif Berbasis Mobile Learning untuk Pembelajaran Mata Kuliah Keterampilan Menulis di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana: Universitas Negeri Semarang, 343-347.

Wardana, M. A.W., Kundharu, S., Ani, R. (2022). Peningkatan Pemerolehan Dan Pembelajaran Bahasa Pada Siswa Disleksia Melalui Metode Team Games Tournament Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Quizizz. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JMPD), 07(01), 71-82.

Ulfah, T. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi Digital Di Sekolah Menengah Pertama. Seminar Nasional Pendidikan: FKIP UNMA, 727-736.

Harjono, H. S. (2018). Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 08(01),1-12.

Kusripinah, R. R. E., Heru, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Baca Tulis: Literature Review. Pionir; Jurnal Pendidikan, 11(02), 29-38.

Basri, Andi, F. T. (2020). Wattpad’s Role in Literature Learning: A Study. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 04(02), 291-308.

Simanjuntak, N., Polmaris, N., Syamsul, A. (2021). Pemanfaatan Wattpad Sebagai Media Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. Prosiding Seminar Nasional PBSI-V.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 08(02), 79-96.

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Ananda, I., & Rakhmawati, A. (2022). Pembelajaran Sastra Populer Sebagai Peningkatan Literasi Digital Dengan Penggunaan Media Aplikasi Wattpad: Studi Kasus. Research in Education and Technology (REGY), 1(1), Page: 36–45. https://doi.org/10.62590/regy.v1i1.6