Inovasi Pembelajaran Bahasa Baku Dengan Media Pembelajaran Game Edukasi Who Wants To Be A Millionaire

Authors

  • Zanida Zulfana Kusnasari Universitas Sebelas Maret
  • Ani Rakhmawati Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.62590/regy.v1i1.7

Keywords:

bahasa baku, game edukasi, media pembelajaran

Abstract

Guru dapat menggabungkan teknologi, seperti game edukasi yang berkembang pesat dan menarik perhatian siswa ke dalam pembelajaran di kelas. Tujuan pemanfaatan media pembelajaran game edukasi dalam pendidikan adalah untuk membuat pembelajaran lebih menarik, aktif, dan efektif, sekaligus meningkatkan pemahaman siswa mengenai pembelajaran bahasa. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan membuktikan adanya perbedaan nilai akhir dan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia materi bahasa baku dengan bantuan media pembelajaran game edukasi WhosWants toxbe A Millionaire dibandingkan dengan siswa kelas kontrol. Penelitian ini dirancang menggunakan quasi experimental dengan nonxequivalent control group design. Penelitian ini mengambil populasi dari siswa SMA MuhammadiyahyAl-Kautsar PK Kartasura kelas X. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran game edukasi Who Wantsxto beyA Millionaire mencapaii75,89 dan pada kelas.kontrol hanya 71,69.

References

Budhiono. (2018). Alternatif Verba Mengalahkan Dalam Berita Olahraga di Media Daring Indonesia (Alternatives to the Verb Defeating In Indonesia Online Sport News). Jurnal Saweri Gading, 23, 98-101.

Handayani, T. (2015). Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia dengan Kebutuhan Tenaga Kerja di Era Global. Jurnal Kependudukan Indonesia, 10(1), 53–64. http://ejurnal.kependudukan.lipi.go.id/index.php/jki/article/download/57/37

Herawati, S., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Manajemen Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pembelajaran. Attractive: Innovative Education Journal, 2(3), 21–28.https://doi.org/https://dx.doi.org/10.51278/aj.v2i3.68

Hertiki. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Kalimat Melalui Media Komik pada Pemelajar Bipa Vietnam Tingkat Menengah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10, 7-17.

Huang, W. H. (2011). Evaluating learners’ motivational and cognitive processing in an online game-based learning environment. Computers in Human Behavior, 694–704.

Jamilah. (2017). Penggunaan Bahasa Baku dalam Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Tarbiah (Jurnal Ilmiah Kependidikan), 6(2), 41-51.

Johan, G. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI, 18, 136-149.

Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32

Karaj. (2021). Indonesian Discourse Particles in Conversations and Written Text. Jurnal Wacana, 22, 319-337.

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373–390. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.348

Leedy, P. D., & Ormrod, J. E. 2005.Practical Research Planning and Design 8th Edition. Upper saddle River Prentice Hall.

Lubis, M., & Yusri, D. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah COVID-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–18. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah/article/view/1

Manuputty. (2019). Kondisi dan Pemartabatan Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Bangsa Di Era Globalisasi. Jurnal Saweri Gading, 16, 46-60.

Mohamad, G. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI, 18, 136-149

Murmahyati. (2019). Kekhasan Pembentukan Kata Dalam Cerpen Jodoh Karya A. A. Navis (The Uniqueness Of Word-Formation In The Short Story Jodoh By A.A. Navis). Jurnal Saweri Gading, 25, 39-48.

Rahman, A. (2017). Efisiensi Dalam Pembiayaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Eklektika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Pendidikan, 5(2), 87–102. https://ojs.unm.ac.id/Eklektika/article/view/6552

Supriadin. 2016. “Identifikasi Penggunaan Kosakata Baku dalam Wacana Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Wera Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal: Ilmiah Mandala Education, Volume 2, Nomor 2, Halaman 1-12.

Wijayanti, S. (2018). Sikap Bahasa Guru Sekolah Dasar terhadap Bahasa Indonesia Ragam Tulis Baku. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI, 18, 8-43. doi: 10.17509/bs_jpbsp

Winiharti, M. (2021). The Typology of Personal Pronouns in Javanese, Sundanese, and Madurese. Jurnal Ranah, 10(3), 253-260.

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Kusnasari, Z. Z., & Rakhmawati, A. (2022). Inovasi Pembelajaran Bahasa Baku Dengan Media Pembelajaran Game Edukasi Who Wants To Be A Millionaire. Research in Education and Technology (REGY), 1(1), Page 46–50. https://doi.org/10.62590/regy.v1i1.7