Penerapan Pembelajaran Berbasis STEAM (Sience, Technology, Engineering, Art, Mathematic) Pada Mahasiswa Mata Kuliah CAD

Authors

  • Tri Putra Yuliardi Universitas Negeri Padang
  • Irma Yulia Basri Universitas Negeri Padang
  • Fadli Hernando Universitas Negeri Padang
  • Azhar Afrizal Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.62590/regy.v1i1.72

Keywords:

penerapan pembelajaran, pembelajaran inovatif steam, cad

Abstract

Mata kuliah CAD merupakan mata kuliah yang mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam membuat sebuah desain gambar. Pembelajaran CAD teknik otomotif DIII selama ini belum mengarah kepada desain tugas akhir mahasiswa sehingga alat peraga tugas akhir mahasiswa selama ini masih terlihat kurang menarik sehingga perlu adanya pembelajaran yang lebih inovatif. Pembelajaran berbasis STEAM merupakan pembelajaran innovatif abad 21. Pembelajaran STEAM mengintegrasikan lima bidang ilmu dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil dari penerapan pembelajaran berbasis STEAM pada mata kuliah CAD Teknik Otomotif DIII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukanan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa dengan menerapkan pembelajaran berbasis STEAM pada Mata Kuliah CAD.

References

Rahmawati, B. A. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM Dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Di Sd My Little Island Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Asprilla, D. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Tkr 2 Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Di Smk N 2 Pengasih, Universitas Negeri Yogyakarta.

Lamajau, E. (2014). Peningkatan Kemampuan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Sampaka Kec. Bualemo Kab. Banggai Melalui Metode Diskusi Kelompok | Lamajau | Jurnal Kreatif Online, vol. 5, no. 1, pp. 201–211, 2014, [Online]. Available: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3770/9544 Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rifanty, E. (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Peserta Didik Kelas V Sd Muhammadiyah Condongcatur,” J. Jpsd, vol. 1, no. 1, p. 6.

Haifaturrahmah, H. R., Hidayatullah, S. Maryani, N., Nurmiwati, N., & Azizah, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar, J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 2, p. 310, 2020, doi: 10.33394/jk.v6i2.2604.

Pratiwi, K. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di Smkn 2 Klaten, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sumarna, K. (2019). Pengaplikasian Augmented Reality Pada Modul Pembelajaran Menggambar Teknik 2 dan CAD di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, J. PenSil, vol. 8, no. 2, pp. 89–96, 2019, doi: 10.21009/jpensil.v8i2.11956.

Rahman, M. K., Suharto, B., & Iriani, R. (2020). Meningkatkan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pjbl Berbasis STEAM Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit, JCAE (Journal Chem. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 10–22, 2020, doi: 10.20527/jcae.v3i1.306.

Meutiana, M. (2015). Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas VII.3 SMP Negeri 2 Peusangan Bireuen, CIRCUIT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 20–28, 2015, doi: 10.22373/crc.v1i1.307.

Nasrah, R. Humairah Amir, and R. Yuliana Purwanti. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Pada Siswa Kelas IV SD, JKPD (Jurnal Kaji. Pendidik. Dasar), vol. 6, no. 1, pp. 1–13.

Nurazizah, I. R. Suwarma, A. Jauhari, and I. Kaniawati. (2018). Implementasi pembelajaran STEM: kajian terhadap pencapaian hasil belajar siswa, Pros. Semin. Nas. Fis. 2018, pp. 126–130.

Sukarno, R. ., Sugita, I. W., & Syaefudin, E. A. (2014). Pelatihan Dasar-Dasar Cad/Cam/Cae Dan Software Autocad Untuk Guru-Guru Smk Bidang Keahlian Teknik Mesin Di Wilayah Kabupaten Bekasi,” Sarwahita, vol. 11, no. 2, p. 122, 2014, doi: 10.21009/sarwahita.112.10.

Ni Ketut Resi Yuliar, S. W. H. (2020). Studi Literatur Pendekatan Pembelajaran STEAM Menyongsong Era Society 5.0, JPD J. Pendidik. Dasar, pp. 1–8.

Downloads

Published

2022-11-29

How to Cite

Yuliardi, T. P., Basri, I. Y., Hernando, F., & Afrizal, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis STEAM (Sience, Technology, Engineering, Art, Mathematic) Pada Mahasiswa Mata Kuliah CAD. Research in Education and Technology (REGY), 1(1), Page: 60–67. https://doi.org/10.62590/regy.v1i1.72